Rabu, 21 November 2012

RPP BERKARAKTER BAHASA INDONESIA SMA XI


                 SMA NEGERI 2 SEKAYU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :  XI / 1
Alokasi Waktu    :  5 x 45 menit

Standar Kompetensi          :  Mendengarkan :  Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah
           dan wawancara
Kompetensi Dasar        :  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/ khotbah didengar
Indikator          :  1.  Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah  yang didengarkan
             2. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke- dalam  beberapa kalimat
               3. Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan   atau khotbah

I.    Tujuan  Pembelajaran    : Peserta didik dapat:
              1.     Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
              2. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan ke dalam beberapa kalimat
              3.     Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
II.    Materi Ajar    : Sambutan
Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah atau sering melihat, mendengarkan atau bahkan menyampaikan sambutan. Ketika mendengarkan sambutan kita harus mempunyai pendengaran serta kemampuan memahami isi sambutan dengan baik. Penyampaian sambutan biasanya tentang sesuatu hal yang terkait dengan acara atau kegiatan tersebut.
Sebuah sambutan yang baik terdiri atas beberapa bagian, yaitu;
1.    Pembukaan
    berisi penghormatan kepada haridin dan syukur kepada Tuhan YME;
2.    ISI
    berisi uraian tentang latar belakang
    uraian singkat tentang penyelenggaraan acara;
3.    Penutup
    berisi harapan serta ucapan terima kasih.
III.      Metode Pembelajaran    : Belajar Kelompok, tanya jawab, unjuk kerja dan ceramah.

IV.     Langkah Pembelajaran    :

No.    Kegiatan Belajar Mengajar    Waktu
1.    Kegiatan Awal   

    Apersepsi
1.   Guru mengabsen siswa
2.   Menjelaskan tujuan pembelajaran    
    Motivasi
1.   Guru memotivasi peserta didik dengan menanyakan tentang sambutan
2.   Peserta didik  mendengarkan video tentang sambutan kemudian salah satu peserta didik diminta menjelaskan secara sikat  sambutan tersebut    
2.    Kegiatan Inti    
    Eksplorasi
1.   Peserta didik membentuk kelompok  (satu kelompok terdiri dari 2 sampai 3 peserta didik) 
2.   Setiap peserta didik mendengarkan sambutan sambil mencatat pokok-pokok isi sambutan
3.   Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya tentang pokok-pokok isi sambutan yang telah dicatat dan membuat ringkasannya   
    Elaborasi
 Masing-masing kelompok menunjuk perwakilan kelompoknya untuk  menyampaikan secara
lisan  hasil diskusinya, kemudian peserta lain diberi kesempatan untuk menanggapi   
    Konfirmasi
Guru memberikan tanggapan atas hasil kerja peserta didik kelompok    
3.    Kegiatan Penutup   
    1.   Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan tentang sambutan    

V.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat    : LCD, Leptop, soung
B.      Bahan    : Slide materi sambutan, video sambutan
C.    Sumber Belajar    : Mafrukhi, dkk. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI.       Jakarta: Erlangga.



VI.    Penilaian
A.    Kognitif
    1.  Mendengarkan sambutan atau khotbah
    2.    Tentukanlah pokok-pokok isi sambutan!  
    3.    Tuliskanlah ringkasan sambutan!
B.  Psikomotor
1.  Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
2.  Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah
C.    Afektif
    1.    Kehadiran
    2.    Perhatian
    3.    Minat
    4.    Disiplin
    5.    Mengemukakan pendapat


    Mengetahui,                            Sekayu, 30 Juni 2012
    Kepala Sekolah                            Guru Mata Pelajaran,


    Burtani, S.Pd., M.Si.                            Faulina, S.Pd.
    NIP 19721201 199802 1 002                    NIP 19810606 200801 2 002